Contoh Laporan On The Job Training House Keeping
LAPORAN ON THE JOB TRAINING
HOUSEKEEPING DEPARTEMENT
BALEKA BEACH RESORT HOTEL& SPA
HOUSEKEEPING DEPARTEMENT
BALEKA BEACH RESORT HOTEL& SPA
Oleh:
Nama : I Gusti Putu
Damar Pakuan
Kelas : XI AP 1
Jurusan : Akomodasi
Perhotelan
SMK Pariwisata BIWI
tabanan
Jl. Raya By Pass Ir. Soekarno no.99 X
Tabanan-Bali
Telp. (0361) 8608898, 814915 FAX
(0361) 814915
Tahun
Ajaran: 2012-2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa
yang telah memberikan rahmat dan karunianya, sehingga penulis dapat
menyelesaikan Laporan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri atau Prakterin.
Prakterin ini merupakan salah satu kewajiban yang wajib ditempuh
di masing-masing Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) .Laporan ini disusun sebagai pelengkap
pelaksanaan praktek kerja industri atau prakterin.Yang telah dilaksanakan lebih
kurang 6 bulan di Baleka Beach Resort Hotel & Spa.
Dengan selesainya laporan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri
atau Prakterin.ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang telah
memberikan masukan-masukan kepada penulis. Untuk itu penulis mengucapkan banyak
terimakasih kepada :
1. Kepala
Sekolah SMK Par. BIWI Tabanan: Drs. Ida Bagus Suyoga Manuaba
2. Guru
Pemimbing : Dewa Ayu Made Suandari, S.Pd
3. HRD Baleka
Beach Resort Hotel & Spa : Yunita Siahaan
4. Supervisor
Housekeeping Baleka Beach Resort Hotel & Spa : I Made Sudiantana
5. Staff
Housekeeping Baleka Beach Resort Hotel & Spa
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari laporan
ini, baik dari materi maupun teknik penyajiannya, mengingat kurangnya
pengetahuan dan pengalaman penulis.Oleh karena itu, kritik dan saran yang
membangun sangat penulis harapkan.
Terimakasih.
Penulis
1
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR
...............................................................................................................
1
DAFTAR
ISI
............................................................................................................................
2
BAB
I PENDAHULUAN
...........................................................................................................
3
1.1.Tujuan Praktek Kerja Industri...................................................................................
3
1.2. Tujuan Penulisan Laporan........................................................................................
3
1.3.Metode Penulisan….................................................................................................
3
1.4.Tujuan Pelasanaan Prakterin..................................................................................
4
1.5. Sistematika Penulisan.............................................................................................
4
BAB
II URAIAN UMUM.........................................................................................................
5
2.1. Sejarah Hotel..........................................................................................................
5
2.2. Jenis Kamar & Fasilitas Hotel.................................................................................
6
2.3. Service and Facilities..............................................................................................
6
2.4.
Tata Tertib kerja perhotelan..................................................................................
7 8
BAB
III JURNAL KEGIATAN
3.1.Room
Boy.................................................................................................................
9
3.2.Public
Area..............................................................................................................
11
3.3.Laundry…………………………………..……………………………………..………………………….……….
12
3.4.Pool Attendant……………………………………………………………………………………………………
12
BAB
IV KESIMPULAN DAN SARAN.......................................................................................13
4.1.Lembaran Gambar………………….…………………………………..……………………………………..14 15
4.2.Daftar
Pustaka…………………………………………………………………………………………………….16
2
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. TUJUAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
Pada dasarnya
praktek kerja industri ditujukan untuk menambah wawasan sekaligus pengalaman
tentang suatu bidang yang ditekuni. Tujuan akhir dari itu adalah agar kitadapat
menerapkan dan mengembangkan keahlian kita di dunia kerja yang sesungguhnya
dengan kata lain kita akan dapat :
· Menerapkan ilmu yang didapat disekolah, dilapangan
praktek kerja.
· Mendapatkan ilmu yang dapat berguna.
· Mempunyai gambaran tentang kebutuhan tenaga kerja
lulusan SMK bagi perusahaan, sehingga dapat memacu kita untuk menyiapkan diri
sedini mungkin.
· Mengembangkan kepribadian, melatih diri dalam
melaksanakan suatu pekerjaan
· Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab dari
pekerjaan yang telah diberikan
1.2. TUJUAN
PENULISAN LAPORAN
Sekolah
melaksanakan praktik kerja industri, maka siswa diwajibkan untuk membuat
laporan. Adapun tujuan yang hendak dicapai penulis adalah sebagai berikut :
· Untuk memenuhi syarat mengikuti UN/UAS.
· Sebagai tanda bukti ahwa penulis telah melaksanakan
Praktik Kerja Indutri (PRAKERIN).
· Untuk menambah pengetahuan penulis tentang cara
penyusunan karya tulis.
· Bukti bahwa penulis dapat mengungkapkan pikiran dalam
bentuk tulisan.
1.3. METODE
PENULISAN LAPORAN
Setelah penulis
melaksanakan prakerin, penulis ditugaskan membuat laporan tentang praktik yang
telah dilaksanakan. Adapun metode penulis gunakan adalah sebagai berikut :
· Interview yaitu pelaksanaan dengan cara bertanya
langsung dengan karyawan perusahaan (face to face).
· Observasi yaitu pelaksanaan dengan cara perkenalan
langsung dengan dunia industri.
· Perpustakaan yaitu pelaksanaan dengan mencari sumber
materi yang berkaitan dengan prakerin.
3
1.4. TUJUAN
PELAKSANAAN PRAKERIN
Praktik Kerja
Industri dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana ilmu yang penulis dapatkan
dari dunia industry, dengan ilmu yang didapatkan dari sekolah sangat jauh beda.
Di dunia industri penulis tidak hanya melihat cara
kerjanya saja, tetapi penulis dapat mempraktekkannya langsung. Selama enam
bulan penulis melaksanakan prakerin sehingga penulis dapat mengembangkan teori
yang didapat dan juga dapat mempraktekkannya. Dunia industri tidak hanya
dituntut pada pengetahuan tetapi keterampilan juga dapat sangat dibutuhkan.
1.5. SISTEMATIKA
PENULISAN LAPORAN
Dalam sistematikaa
penulisan laporn ini dibagi menjadi bab demi bab, secara terpisah dan
terperinci sehingga memudahkan pembaca untuk memahami serta mengambil mengambil
kesimpulan dari makalah yang penulis bahas. Sistematika laporan yang digunakan
adalah sebagai berikut:
· BAB I PENDAHULUAN
Dalam hal ini penulis mengemukakan apa yang menjadi data dan pengumpulan data
yang diperlukan untuk penyusunan laporan.
· BAB II URAIAN UMUM
Dalam bab ini terdiri dari sejarah berdirinya hotel,
organisasi atau struktur hotel, tata tertib kerja perhotelan, disiplin dan
keselamatan kerja serta landasan teoritis.
· BAB III JURNAL KEGIATAN
Dalam bab ini terdiri dari program pelaksanaan prakerin
diperhotelan, persiapan kerja seta proses kerja diperhotelan.
· BAB IV PENUTUP
Dalam bab ini terdiri dari kesimpulan dan saran-saran
serta lampiran.
4
BAB II
URAIAN UMUM
2.1. SEJARAH HOTEL BALEKA BEACH RESORT
HOTEL & SPA
Pendiri Baleka adalah
Bapak Agung Sudiatma, berawal dari menyewakan motor sendiri dan demi sedikit
uang sewa tersebut digunakan untuk mendirikan sebuah rumah. Tidak pernah
terbayangkan olehnya untuk mendirikan sebuah hotel pada saat itu sampai pada
Desember 1975 datang dua orang gadis kebangsaan Australia untuk menyewa rumah
yang belum selesai di bangun tersebut untuk 6 (enam) bulan lamanya. Kemudian
beliau dapat menggunakan uang sewa tersebut untuk menyelesaikan pembangunan
tersebut bahkan mulai membangun yang baru.
Pada awal tahun 1976
pembangunan kedua sudah selesai, namun Bapak Agung tidak bisa merasakan untuk
tidur disana karena tamu lain datang untuk menyewa rumah tersebut untuk jangka
waktu yang lama.
Pada masa itu,
keadaan warga desa setempat sangat miskin bahkan kesulitan untuk mendapatkan
makan.Keadaan inilah yang mendorong Bapak Agung memutuskan untuk memulai
mendirikan usaha hotel kecil. Kemudian beliau mengajukan pinjaman dari bank dan
merekrut pekerja dari warga desa setempat, membeli bahan bangunan dari warga
seperti: bambu, kayu pohon kelapa, batu bata, sehingga mereka dapat terbantu
untuk tetap hidup. Dari latar belakang inilah nama hotel ini didirikan, diambil
dari nama desa yang mengandung sejarah BALEKA = Banjar Legian Kaja.
Pada tahun 1982,
saudara dari Bapak Agung Sudiata yaitu, Bapak Agung Sudarma bergabung, dan
mereka berduabersama mengembangkan usaha hotel.
Pembangunan hotel
terus dilakukan dari awal tahun 1976 sampai 1990. Sampai di akhir tahun 1990
baleka memiliki 45 kamar, sebuah swimming pool, restaurant, pool bar bar dan
lobby.
Kedua pemiliktersebut
memiliki seorang anak laki-laki, dan pada tahun 1990 kedua anak mereka sudah
sudah bekuliah.Karena alasan ini, mereka mencari investor untuk menyewa
Baleka.Pada akhir Januari 2011 masa sewa selesai kedua owner tersebut
memutuskan kebali untuk menjalankan usaha hotel mereka sendiri.Dalam
perjalanannya waktu kedua ownner tersebut mulai memberikan kewenangan anak-anak
mereka untuk menjalankan Baleka Resort Hotel & Spa yaitu Bapak Ngurah Darma
Putra Dan Trisna Gautama.
5
2.2.
JENIS KAMAR DAN FASILITAS HOTEL
2.2.1
JENIS KAMAR
Classic Room :
Superior :
Deluxe :
Family
suites :
2.3.
SERVICE& FACILITIES
|
|
Check in time : 2pm onward
Check out time : 12 am
Late check out till 6pm : 50% charge apply
Late check out exceeding 6pm : full charge apply
Check out time : 12 am
Late check out till 6pm : 50% charge apply
Late check out exceeding 6pm : full charge apply
Room’s facilities:
|
|
Recreation
facilities:
- Outdoor swimming pool
- Kids pool
- Children play ground
- Spa & body treatment
6
2.4. TATA TERTIB KERJA PERHOTELAN
TATA TERTIB KEHADIRAN
· Jadwal/schedule training diatur oleh masing-masing bagian
di departement yang bersangkutan.
· Keterlambatan masuk kerja mencapai 15 (lima belas) menit
atau lebih dianggap melanggar tata tertib kecuali telah diberitahukan kepada
atasan.
· Ketidakhadiran karena sakit wajib disertai surat
keterangan sakit dari dokter yang berwenang.
· Ketidakhadiran karena hal-hal diluar sakit dibenarkan
dengan pemberitahuan dan izin sebelumnya dari mentor.
TATA TERTIB UMUM
· Seragam yang digunakan Trainee yaitu: baju putih dan
celana panjang hitam
· Traine diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan dan
penampilan. Diwajibkan memakai tanda pengenal (name tag) selama
bertugas.Bagi karyawan pria agar selalu bercukur.Tidak diperkenakan memelihara
kumis atau jenggot selama bertugas.Bagi traine wanita berambut panjang
sebaiknya rambut diikat rapi dengan menggunakan harnet.
· Segala barang yang keluar dari hotel harus diperiksa pihak
security, termasuk tas dan barang-barang bawaan lainnya. Tidak dibenarkan
membawa barang milik perusahaan tanpa izin.
· Telepon yang masuk untuk traine akan diterima di
personalia departemen, kemudian pesan yang disampaikan akan diteruskan pada
traine yang bersangkutan.
· Traine berhak mendapat istirahat 1(satu) kali selama satu
jam dalam tiap shift. Waktu istirahat yang dipergunakan untuk makan (di ventrie).Kebersihan
dan kerapihan kantin serta peralatan makan menjadi tanggung jawab setiap traine.
· Tidak dibenarkan memasuki kamar tamu tanpa seizin kepala
departemen kecuali sedang dalam usaha pelayanan.
· Tidak diperkenakan mengunyah permen karet selama bertugas.
· Bila traine menemukan barang yang hilang atau tertinggal,
harus menyerahkan barang temuan tersebut kebagian lost & found di housekeeping
departemen atau melaporkan kebagian security tanpa mempertimbangkan jenis
barang maupun nilainya.
· Dilarang memiliki dan atau menggunakan obat-obat
terlarang, narkotika atau minuman yang mengandung alcohol didalam lingkungan
perusahaan. Apalagi bertugas dibawah pengaruh zat tersebut.
7
· Dilarang membawa atau memiliki senjata api atau senjata
tajam yang tidak digunakan untuk bertugas.
· Ketidakjujuran, penggelapan, penipuan, pencurian,
barang-barang milik perusahaan atau milik orang lain sangat dilarang dan dapat
mengakibatkan perhentian masa training.
· Dilarang mencoret-coret atau melakukan perbuatan lain yang
dapat menimbulkan kerusakan bangunan ataupun peralatan hotel.
· Dilarang mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang
disediakan untuk tamu atau memberikan makanan atau minuman kepada keluarga atau
teman.
· Dilarang melakukan hal-hal asusila atau hal-hal tidak
senonoh dilingkungan hotel.
· Dilarang bertingkah laku tidak pada tempatnya misalnya
berlari-lari, berteriak-teriak, tertawa keras-keras diarea kerja.
· Tidak dibenarkan secara langsung maupun tidak langsung
meminta tips dari para tamu perusahaan.
· Tidak dibenarkan menunjukan sikap atau sifat tidak terpuji
kepada pelanggan, tamu perusahaan atau teman kerja.
· Tidak dibenarkan tidur saat bertugas.
· Dilarang merokok diarea kerja.
· Dilarang memulai atau terlibat perkelahian dengan sesama
trine, karyawan lain, atasan maupun kepada departemen.
· Dilarang menceritakan rahasia perusahaan atau mencemarkan
nama baik pimpinan perusahaan dan keluarganya yang seharusnya dirahasiakan.
8
BAB III
JURNAL KEGIATAN
3.1 ROOM BOY
Room boy yaitu suatu
posisi atau jabatan yang dalam bertanggung jawab dalam kebersihan dan kenyaman
khususnya kamar tamu.
Pada umumnya job
descriptionnya sbb ;
- Mengecek semua kamar
pada permulaan shiftnya dan mengisinya pada Room Boy Sheet dengan kode yang
ditentukan sesuai dengan status nya .
- Mengambil linen atau
towel, cleaning supplies, guest supplies dan perlengkapan atau peralatan
kerja lainnya, kemudian diatur ke trolley dan lain-lain.
- Mengontrol
inventory, kondisi kebersihan dan kelengkapan setiap kamar di section
masing-masing.
- Membersihkan,
mengganti dan melengkapi kelengkapan tempat tidur, bath room, living room
sesuai dengan standard yang ditentukan.
- Making bed dengan tehnik
yang benar.
- Mengganti linen atau
towel yang kotor di setiap kamar.
- Melakukan moping,
vacuum cleaning dan shampoing carpet.
- Melaporkan segala
kerusakan, kehilangan, atau kejadian yang tidak layak kepada floor
supervisor.
- Menolong Valet
(Laundry) untuk mengumpulkan cucian tamu yang dilaundrykan.
- Menolong Room
Service mengeluarkan piring atau alat makan yang kotor.
- Merapikan
kembali linen atau towel, sisa
guest supplies, cleaning supplies, cleaning equipment ke Station Floor/ pantry masing-masing.
- Membersihkan atau
mengatur kembali trolley chart.
- Menerima dan
melaksanakan tugas di masing-masing section .
- Bekerja sama yang
baik dengan rekan kerja di Department HK dan Department lainnya.
Untuk Room Boy ada 3 shift yang diterapkan
oleh hotel yaitu :
·
Morning
Shift : 08.00 s/d 16.00
·
Evening
shift : 15.00 s/d 23.00
·
Night Shift : 23.00 s/d 07.00
9
TEKNIK
PEMBERSIHAN
Pada tahap ini, room attendant sudah siap membersihkan kamar tamu, Prosedur pembersihan yang dilakukan meliputi hal-hal sebagai berikut :
a. Entering
the guestroom
·
Ketok pintu
sebanyak 3 kali kamar kemudian sebutkan “Housekeeping”, bila tidak ada
respon ulangi lagi. Jika juga tidak ada respon, buka pintu perlahan sambil
mengatakan housekeeping.
·
Jika ada
respon dari dalam, tunggu hingga pintu dibuka oleh tamu kemudian minta ijin
apakah kamarnya dapat dibersihkan.
b.
Begining Task
·
Bawa masuk caddy
tray dan linen bersih ke dalam kamar. letakkan caddy ke bathroom dan linen
diatas luggage rack.
·
Buka curtain
supaya penerangan di dalam kamar lebih terang. Buka jendela untuk sirkulasi
udara segar (beberapa hotel jendela tidak dapat dibuka dengan alasan keamanan).
·
Bawa gelas,
ashtray, cangkir ke basin di bathroom. bila ada tray dar room service hubungi
room service untuk pick up.
·
Bersihkan
tempat sampah dan buang sampah tersebut ke rubbish bag di trolley.
·
Periksa
semua ruangan untuk melihat apakah ada barang-barang tamu yang tertinggal.
c.
Stripping the bed
·
Pindahkan
bila ada barang / pakaian tamu ke tempat, setelah selesai making kembalikan ke
posisi awal.
·
Lepaskan
sarung bantal satu per satu kemudian letakkan bantal diatas meja/sofa.
·
Tarik sheet
kotor satu per satu agar barang yang ada di bed tersebut tidak terbawa ke
laundry.
·
Pindahkan
semua linen kotor ke linen bag pada trolley.
d.
Making the bed
·
Periksa
kebersihan bed pad, ganti bila kotor.
·
Letakkan
sheet pertama di tengah bed, kemudian kunci masing-masing sudutnya dengan
membentuk sudut 45 derajat.
·
Lanjutkan
dengan menebar sheet 2 samapai pada bagian atas bed.
·
Lalu
mememasang blanket, kemudian dengan dilanjutkan dengan sheet ke 3, sama seperti
memasang pada sheet ke 2
·
Lalu lipat
antara sheet 2 dan 3 sebanyak dua kali.
·
Letakkan
bantal yang sudah dipasang sarung bantal pada ujung bed dekat head board.
·
letakkanbed
runner sebelah bawah dari bed.
10
e.
Dusting
·
Proses
dusting sebaiknya dilakukan secara terarah (se-arah jarum jam) untuk memastikan
semua furniture tidak ada yang terlewatkan termasuk door entrance, skirting,
desk table, chairs, window frame, coffee table, bed side table, wardrobe,
dan lain-lain.
·
Lengkapi
semua guest amenities yang dipakai oleh tamu dengan yang baru sebagai
syarat kelengkapan kamar.
f.
Cleaning the bathroom
·
Bersihkan Glass
yang kotor.
·
Bersihkan
toilet, bathtup, shower, basin dan mirror.
·
Ganti towel
yang kotor dengan yang bersih sesuai dengan standar.
·
Ganti dengan
yang baru semua amenities yang dipakai. letakkan sesuai dengan standar.
·
Bersihkan
lantai kamar mandi, pastikan bahwa rambut tidak ada yang tertinggal.
g.
Sweeping & Mooping
sweeping pada lantai dari area yang paling jauh dari pintu dengan
cara berjalan mundur. pastikan semua permukaan lantai tidak ada yang
terlewatkan. Setelah itu lanjutkan dengan mooping.
3.2 PUBLICAREA
Staff atau karyawan yang bertanggung jawab
atas kebersihan, kelengkapan , kenyamanan ruangan yang meliputi banyak orang
dan kebersihan kantor – kantor disebut dengan posisi Public area attendant.
Dibawah ini beberapa job description seorang
public area attendant;
·
Membersihkan
Restaurant
·
Membersihkan
Lobby
·
Membersihkan
Toilet
·
Membersihkan Office
·
Stand By di
Lobby dan Restaurant
Untuk Public Area ada 2 shift yang diterapkan
oleh hotel yaitu :
·
Morning
Shift : 06.00 s/d 14.00
·
Evening
shift : 14.00 s/d 22.00
11
3.3 LAUNDRY
Laundry yaitu suatu
posisi atau jabatan yang dalam bertanggung jawab dalam kebersihan linen dan
pakaian tamu yang di laundry.
Pada umumnya job
descriptionnya sbb ;
1. Melakukan
pembersihan linen ( sheet, towel, pillow case, napkin dll)
2. Spoting
3. Mencuci
laundry tamu
4. Mengeringkan
sheet
5. Ironing
Untuk
Laundry ada 2 shift yang diterapkan oleh hotel yaitu :
·
Mornig Shift :
08.00 s/d 16.00
·
Evening Shift :
15.00 s/d 23.00
3.4 POOL ATTENDANT
Pool Attendant yaitu suatu posisi atau jabatan
yang dalam bertanggung jawab pada Swimming Pool.
Pada umumnya job
descriptionnya sbb ;
·
Membesihkan
area sekitar pool
·
Menyikat
pinggiran pool
·
Mengecek P-H
air
·
Menyediakan
pool towel kepada tamu
·
Memasang
matras di atas long chair
Untuk
Pool Attendant ada 2 shift yang diterapkan oleh hotel yaitu :
·
Mornig Shift :
07.00 s/d 15.00
·
Evening Shift :
15.00 s/d 23.00
12
BAB IV
KESIMPULAN & SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas, penulis dapat menarik suatu kesimpulan sebagai berikut :
Berdasarkan uraian di atas, penulis dapat menarik suatu kesimpulan sebagai berikut :
1. Pelaksanaan On The Job Training hendaknya dilakukan dengan sungguh-sungguh
karena akan sangat berguna dimasa depan
2. Manajemen sebuah hotel adalah sangat penting karena dengan cara iniakan terbina kesatuan kerja yang kokoh dan kompak.
3. Housekeeping Department sangat menentukan dalam pemasaran sebuah hotel, karena
Housekeeping yang bertanggung jawab penuh atas kebersihan serta kenyamanan kamar dan area hotel, dan juga dekorasinya.
4. Pelayanan dan kepuasan tamu / pelanggan adalah prioritas utama bagi hotel dan perusahaan jasa lainnya.
B. Saran
Demi perkembangan dan kemajuan pelaksanan On The Job Training, maka penulis
memberikan sedikit saran-saran sebagai berikut :
1. Ditingkatkan suasana kerja yang kompak dan kekeluargaan
2. Menambah karyawan ( House Keeping ), agar tidak terjadi kekurangan di jam kerja dan juga tidak menganggu kami dalam on the job traing
Demi perkembangan dan kemajuan pelaksanan On The Job Training, maka penulis
memberikan sedikit saran-saran sebagai berikut :
1. Ditingkatkan suasana kerja yang kompak dan kekeluargaan
2. Menambah karyawan ( House Keeping ), agar tidak terjadi kekurangan di jam kerja dan juga tidak menganggu kami dalam on the job traing
13
LEMBARAN GAMBAR
Classic Room,
Baleka Hotel Resort & Spa
Deluxe Room, Baleka Hotel Resort & Spa
14
Family Room,
Baleka Hotel Resort & Spa
Pool,
Baleka Hotel Resort & Spa
15
Daftar Pustaka
Baleka Hotel Resort & Spa